Pengantar Redaksi

 PENGANTAR REDAKSI

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang dengan iradahnya Jurnal Ilmu Hukum Yustisi kembali terbit dan menemui pembaca. Dalam volume 23 Nomor 1 tahun 2014 ini, Yustisia tampil lebih  fokus pada pembahasan issu-issu dan persoalan dalam Hukum Ekonomi. Terdapat lima  artikel yang membahas berbagai issu terkait dengan Hukum Ekonomi. Dr Yulfasni, SH., MH. Membahas Pengaruh (Agreement on Trade Related Aspects of Intelectual Property Rights (TRIPs) Including Trade in Counterfeit Goods dalam Pembentukan Undang-Undang Rahasia Dagang. Tulisan selanjutnya dari Mardalena Hanifah, SH., MH. membahas Perjanjian sewa Beli dalam Hukum Perdata.  Cisilia Maiyori, SH.MH., mengkaji kewenangan hukum nasabah debitur dalam pemberian jaminan benda bergerak pada kontrak kredit bank. Selanjutnya  MuslimMohd, SH., MH.  Yalid, SH., MH.   dan  Sandra Dewi, SH., MH. melalui penelitian empirisnya membahas implementasi perjanjian pendahuluan jual beli dalam bisnis properti di Kota Pekanbaru. Terakhir Wetria Fauzi, SH., MH.  membahas tentang hukum asuransi tentang penerapan prinsip idemnitas terhadap asuransi kerugian dengan klausula resiko gempa bumi.

Di samping kajian hukum ekonomi, edisi kali ini juga menyajikan tulisan dalam Hukum Administrasi Negara. Dr. Azmi Fendri, SH., MH.  menyajikan tentang kedudukan Pejabat pembuat akta tanah  (PPAT) dalam Pendaftaran tanah dalam Perspektif Negara Hukum. Selanjutnya Lies Ariany, SH., MH.  menyajikan hasil kajian empiris terhadap peran pemerintah dalam Penaturan Pedagang kali lima di Kota Banjarmasin. Berikutnya Anton Rosari, SH., MH. membahas tentang politik hukum agraria dikaitkan dengan Undang-Unang No.2 Tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi kepentingan umum.

Tulisan tentang Hukum Tata Negara dalam edisi ini juga menyajikan tiga artikel.  Tulisan Arfiani, SH.,  MH.  membahas tentang pengaturan dan perkembangan eutanasia dalam perspektif Hukum dan hak asasi manusia. Berikutnya Intizam Jamil membahas tentang peran dan fungsi Kantor Wilayah (Kanwil) Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam pengawasan peraturan daerah.  Sementara itu Yunita Syofyan mengkaji tentang keterkaitan paham demokrasi terhadap sistem hukum Indonesia setelah perubahan UUD 1945.

Tulisan berikutnya dari Nelwitis, SH., MH. menyajikan kajian tentang hukum pidana yang merupakan kajian empiris tentang  Penanggulangan kecelakan lalu lintas di Sumatera Barat dan Faktor penyebabnya. Terakhir, Widia Edorita, SH., MH. tentang membahas hukum laut yakni tentang optimalisasi pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau terluar Indonesia

Dengan disajikannya beragam issu dan permasalahan hukum melalui edisi ini, diharapkan akan dapat memperkaya perbendaharaan tentang kajian-kajian hukum guna pembahasan lebih lanjut dalam diskursus hukum yang lebih mendalam. Semoga.

 

Wassalam

 

Redaksi