Perpustakaan Unand Kembali Raih Akreditasi A

22 Januari 2019

Unand (Padang) – Perpustakaan didalam sebuah perguruan tinggi perlu dilakukan penilaian (akreditasi) terhadap penyelenggaraannya agar kualitasnya terukur oleh lembaga yang indenpenden yang bersifat objektif dan transparan.

Begitupun juga perpustakaan Universitas Andalas sudah menjadi keharusan untuk dilakukan penilaian dari lembaga Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas).

“Beberapa waktu lalu tim asesor akreditasi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia telah melakukan visitasi terkait akreditasi perpustakaan Universitas Andalas,” ujar kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Perpustakaan Universitas Andalas Drs. Yasir, S. Sos pada Senin (21/1) diruang kerjanya.

Ia sangat bersyukur atas keluarnya hasil akreditasi ini dan mengucapkan terimakasih terhadap segenap unsure pimpinan serta civitas akademika atas dukungannya.

Ini menjadi kali kedua perpustakaan Universitas Andalas berhasil meraih akreditasi A sejak awal dilakukan penilaian dimana sebelumnya pada awal tahun 2016 perpustakaan Universitas Andalas juga berhasil meraih Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

“mengenai penilaian, ada beberapa komponen yang dinilai dalam proses akreditasi ini diantaranya koleksi, layanan, sarana prasarana, tenaga, penyelenggaraan dan penggelolaan serta komponen penguat,” jelasnnya.

Terpenuhinya semua komponen ini dikatakannya Perpustakaan Universitas Andalas berhasil meraih Akreditasi A berdasarkan evaluasi dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan yang menunjukkan Perpustakaan Unand sesuai terhadap standar Nasional Perpustakaan.

Sertifikat akreditasi ini diterbitkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan nomor : 00068/LAP.PT/XI.2018 yang berlaku mulai dari 27 November 2018 hingga November tahun 2023 mendatang.

“ini akan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan di perpustakaan menjadi lebih prima terhadap user,” ungkapnya.

Baginya, akreditasi perpustakaan sangat penting sebagai tolak ukur kemajuan sekaligus bahan evaluasi dalam upaya meningkatkan kualitas layanan, kuantitas dan kualitas koleksi serta fasilitas yang dimiliki sehingga kedepannya semakin lebih baik.(*)

Humas dan Protokol Unand 

 

Sumber : https://unand.ac.id/id/berita-peristiwa/berita/item/3113-perpustakaan-unand.html

Read 290 times