Print this page

Pembukaan Klinik Etik dan Hukum Tahun 2019

25 April 2019

Padang, 24 April 2019, Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Fakultas Hukum Universitas Andalas telah membuka kegiatan Klinik Etik dan Hukum Ke-V Tahun 2019 yang merupakan program kemitraan bersama Komisi Yudisial Republik Indonesia. Pembukaan Klinik Etik dan Hukum ke-V dibuka langsung oleh Bapak Dr. Ferdi, S.H., M.H selaku Wakil Dekan I Fakultas Hukum Universitas Andalas. Pembukaan ini dihadiri juga oleh Ketua Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Fakultas Hukum Bapak Dr. Najmi, S.H., M.H.

“Ketika evaluasi Klinik Etik dan Hukum Tahun 2018 Komisi Yudisial datang ke fakultas kita dan menyampaikan Klinik Etik dan Hukum Fakultas Hukum Universitas Andalas merupakan yang terbaik se-Nasional” Ucap Wakil Dekan I dalam pembukaan Klinik Etik dan Hukum ke-V. Program Klinik Etik dan Hukum ini merupakan program ke-V yang diadakan untuk mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Andalas dengan target peserta angkatan 2016-2015 yang telah lulus kuliah hukum Acara. Program kemitraan ini hanya diadakan di lima kampus se-Indonesia yang salah satunya adalah Fakultas Hukum Universitas Andalas. Program Klinik Etik dan Hukum sendiri merupakan wadah bagi mahasiswa Fakultas Hukum untuk memperdalam pengetahuannya mengenai Etika dan Hukum dalam peradilan baik secara teori maupun praktik dalam pengadilan. Setelah melakukan proses open recruitment  yang dimulai dari tahap pendaftaran, tes kemampuan hukum dan terakhir interview yang diadakan di Fakultas Hukum selama kurang lebih dua minggu, mahasiswa/i yang lolos terdiri dari 26 orang yakni 13 mahasiswa dan 13 orang mahasiswi.

Tahun ini kegiatan Klinik Etik dan Hukum mengangkat tema Contempt Of Cout (COC) dengan tag line “Judex Set Lex Laguens/The Judge is the Speaking Law” yang berarti “Seorang Hakim adalah Hukum yang Berbicara”. Kegiatan Klinik Etik dan Hukum ini akan berlangsung selama kurang lebih delapan bulan dengan kegiatan pemberian materi untuk peserta, observasi ke Pengadilan serta pengabdian masyarakat. Tema dan metode kegiatan dalam program yang dijalankan tahun sekarang hampir sama dengan Program Klinik Etik dan Hukum ke-IV tahun 2018 perbedaanya tahun sekarang lingkup observasi di Pengadilan diperluas ke Pengadilan yang ada diluar Kota Padang.
Pada program-program yang telah dijalankan sebelumnya Klinik Etik dan Hukum Fakultas Hukum Universitas Andalas sudah mendapatkan beberapa penghargaan yang membanggakan diantaranya;
1.    Juara Umum Klinik Etik dan Hukum se Indonesia
2.    Juara 1 Debat Klinik Etik dan Hukum
3.    Juara 1 Eksaminasi Putusan
4.    Juara 1 LKTI
5.    Juara 3 Screening Movie

Selain itu lulusan Klinik Etik dan Hukum telah berhasil melahirkan beberapa Hakim yang lulus dalam seleksi Hakim pada Tahun 2017. Tidak hanya menjadi wadah tapi ternyata program Klinik Etik dan Hukum mampu menjadi penunjang batu loncatan mahasiswa yang ingin berprofesi sebagai seorang hakim. Adanya Program Klinik Etik dan Hukum ke-V ini diharapkan dapat memperdalam kemampuan mahasiswa dibidang hukum terutama dalam lingkungan peradilan.

2.jpg 3.jpg 4.jpg

Read 246 times