Orientasi Mahasiswa Program Klinik Etik dan Hukum ke Pengadilan Tinggi Padang

17 September 2019

Pembukaan Kegiatan Orientasi dan Kunjungan Mahasiswa Program Klinik Etik dan Hukum, kerjasama Fakultas Hukum Universitas Andalas dengan Komisi Yudisial RI, Rabu, 4 September 2019

26 orang Mahasiswa Klinik Etik dan Hukum Angkatan Ke-V Tahun 2019 Kerjasama Komisi Yudisial RI dan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Andalas melakukan orientasi dan kunjungan ke Pengadilan Tinggi Padang pada Rabu, 4 September 2019 pukul 09.00 WIB

Kunjungan ini juga didampingi oleh Sekretaris Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Andalas sekaligus dosen di Fakultas Hukum Universitas Andalas Beni Kharisma Arrasuli, SH.I., LL.M. Adapun maksud dan tujuan kunjungan ini adalah penyampaian materi dan berbagi pengalaman mengenai Contempt Of Court kepada orang yang terlibat langsung didalamnya yaitu seorang Hakim.

Agenda ini dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Padang yaitu H. Husni Rizal, S.H dan pengisian materi diberikan langsung oleh Drs. H. Panusunan Harahap, S.H., M.H. yang merupakan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Padang. Penyampaian materi berjalan dengan santai namun serius dan para peserta Klinik Etik dan Hukum tampak sangat berantusias terhadap materi yang disampaikan terbukti dengan banyaknya peserta yang bertanya mengenai pengalaman dan materi yang disampaikan oleh Wakil Hakim Pengadilan Tinggi tersebut. Dalam penyampaiannya, Drs. H. Panusunan Harahap, SH, MH menyatakan bahwa contempt of court merupakan salah satu persoalan dalam dunia peradilan di Indonesia. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, pelecehan terhadap peradilan semakin sering terjadi. Terakhir, ada kasus dimana seorang advokat menyerang hakim di salah satu pengadilan di Jakarta.

Setelah sesi penyampaian materi dan pertanyaan selesai, kegiatan ditutup dengan pemberian kenang-kenangan ke Pengadilan Tinggi Padang dan melakukan sesi foto.

Sebelum meninggalkan Pengadilan Tinggi Padang, peserta Klinik Etik dan Hukum terlebih dahulu diajak berkeliling ke semua ruangan yang ada di Pengadilan Tinggi Padang untuk bertemu langsung dengan orang-orang hebat yang ada dibalik setiap ruangan seperti Hakim, Panitera dan staf lainnya. Momen ini juga dimanfaatkan oleh peserta Klinik Etik dan Hukum untuk bertanya pengalaman dan bagaimana cara mereka bekerja dengan baik.

Read 147 times