×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 42

Akademik

Akademik (18)

AEE dibuat dalam bentuk persentase (%) dengan membandingkan jumlah lulusan dengan jumlah mahasiswa keseluruhan (student body/SB) dalam satu tahun. Apabila dalam satu tahun penerimaan mahasiswa (input) = X, dan output (Y), sedangkan jumlah keseluruhan mahasiswa (student body/SB) = Z orang. Maka AEE dapat diperoleh menggunakan persamaan berikut :

 AEE = y/z * 100 %.

Menurut Idealnya Z sama dengan 4 x X, atau dengan kata lain AEE yang baik untuk masa studi 8 semester adalah 25 %. Akan tetapi bila tolerasi studi masa studi ditetapkan 1 ½ N, dengan N = masa studi normal (8 semester) toleransi masa studi (1 ½ N) = 12 semester, maka AEE = 16,6%. Maka AEE yang baik berkisar antara 16,6% - 25 % (Lubis CP, 2004).

Dengan menggunakan persamaan di atas, hasil perhitungan AEE Fakultas Hukum Universitas Andalas dapat dilihat pada tabel berikut:

 

No Program Studi 2015 2016 2017 2018
Aktif Lulus AEE Aktif Lulus AEE Aktif Lulus AEE Aktif Lulus AEE
1 Sarjana (S1) Ilmu Hukum 1888 392          20.76 1869 389      20.81 1845 359    19.46 1940 365 18.81
2 Magister (S2) Ilmu Hukum 164 79          48.17 224 35      15.63 150 55    36.67 221 46 20.81
3 Magister (S2) Kenotariatan 145 106          73.10 122 65      53.28 339 65    19.17 310 86 27.74
4 Doktor (S3) Ilmu Hukum 48 5          10.42 38 7      18.42 61 20    32.79 65 9 13.85
Jumlah 2245 582        152.45 2253 496    108.14 2395 499 108.09 2536 506 81.22

Latar Belakang

Untuk mewujudkan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk tantangan dan pengembangan ilmu hukum, dituntut adanya kualitas Sumber Daya Manusia yang berkarakter dalam bidang hukum, khususnya yang mempunyai kualifikasi Doktor. Untuk itu telah dilaksanakan Program Doktor Ilmu Hukum Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Andalas.

Penyelenggaraan Program Doktor Ilmu Hukum Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Andalas didasarkan pada pertimbangan meningkatnya kebutuhan Sumber Daya Manusia dengan kualifikasi akademik Doktor dalam bidang ilmu hukum guna menghadapi tantangan pembangunan pendidikan hukum serta persaingan global.

Disamping itu, diperlukan kajian dan penelitian hukum yang kompetitif di era global untuk menjawab berbagai persoalan hukum baik nasional, regional, dan internasional. Program ini juga diselenggarakan karena tingginya permintaan Fakultas Hukum Universitas Andalas untuk melaksanakan program Doktor ilmu hukum. Permintaan demikian, disebabkan oleh letak strategis Program Doktor Ilmu Hukum Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Andalas diantara beberapa provinsi, yakni: Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Utara, Aceh, dan Bangka Belitung. Didasari atas pertimbangan tersebut, melalui keputusan Direktur Jenderal Pendidikan TInggi Departemen.

Sistem Pendidikan

Program Doktor Ilmu Hukum Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Andalas diselenggarakan dalam bentuk program doktor terstruktur dan program doktor by-research. Program Doktor Terstruktur diselenggarakan dengan mengikuti perkulihan (by class) dengan kewajiban perserta kuliah menyelesaikan sejumlah mata kuliah. Sementara itu, Program Doktor by research diselenggarakan secara tidak terstruktur. Kedua jenis program ini dirancang untuk kurun waktu 6 (enam) semester dengan waktu studi maksimal 10 (Sepuluh) semester dengan beban studi 40-50 SKS (Termasuk Disertasi).

Minggu, 24 Februari 2019 21:16

Kelas Kerjasama

By

Latar Belakang

Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Andalas, merupakan institusi pendidikan tinggi, yang menyelenggarakan program magister (S2) dan program doktor (S3), serta program spesialisasi lainnya pada tingkat lanjut, senantiasa berupaya untuk meningkatkan kapasitas dan keahlian terhadap disiplin keilmuan dan keprofesional sebagai bagian dari upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional. Program Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Andalas sebagai penyelenggara pendidikan Program Magister Ilmu Hukum  mampu merumuskan pendekatan, penyelesaian berbagai masalah hukum dan hak-hak asasi manusia dalam masyarakat dengan cara penalaran ilmiah.

Lembaga kejaksaan sebagai pilar penting dan strategis dalam proses peningkatan kualitas penegakan hukum, sudah sejak lama melakukan antisipasi  akan peningkatan kebutuhan SDM yang berkualitas dan profesional yang berkualifikasi Magister (S2) dan Doktor (S3). Mulai tahun 2013,  Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Andalas dan Badan Diklat Kejaksaan Agung RI bersepakat untuk membuka Program Magister S2 Kelas Kerjasama yang dirancang khusus untuk lebih mengembangkan kemampuan dan wawasan peserta didik melalui perpaduan deduksi teori-teori lanjutan tentang ilmu hukum dengan induksi kasus-kasus dan problematika hukum yang terjadi di masyarakat maupun dalam proses penegakan hukum. Dengan demikian diharapkan institusi kejaksaan akan akan dapat memenuhi kebutuhan SDM yang cakap dan profesional, yang memiliki kemampuan untuk memahami dan menguasai perkembangan hukum baik yang berdimensi global, nasional maupun lokal.

Saat ini program studi Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Andalas berstatus terakreditasi dengan peringkat akreditasi B, berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Nomor: 008/BAN-PT/Ak-VI/S2/VIII/2008, tanggal 14 Agustus 2008.

Sistem Pendidikan

Pendidikan Magister Hukum Kelas Kerjasama ditempuh antara 3 (tiga) sampai 4 (empat) semester dengan jangka waktu 18-24 bulan. Total sks yang harus diselesaikan dalam menempuh pendidikan Magister Hukum adalah 42 (empat puluh dua) SKS. Proses pembelajaran ditempuh melalui kegiatan perkuliahan, diskusi, penugasan, seminar-seminar, kegiatan residensi dan benchmarking (studi banding), serta kegiatan akademik lainnya. Dalam menempuh kegiatan perkuliahan dan kegiatan akademik lainnya dilaksanakan dengan sistem pembimbingan oleh dosen, yang berkualifikasi Guru Besar (Profesor) dan Doktor.

Pengantar

Dengan mempertimbangkan kebutuhan jumlah Notaris/PPAT yang terus meningkat dan penyebarannya yang belum merata, khususnya di Wilayah Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu dan sekitarnya, maka Fakultas Hukum Universitas menyelenggarakan Program Studi Magister Kenotariatan. Program MKn ini diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan    Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 67/D/O/2010 Tentang Pemberian Izin Penyelenggaraan Program Studi Kenotariatan (S2) Pada Universitas Andalas.

Tujuan Pendidikan

Penyelenggaraan Program Studi MKn ditujukan untuk  menghasilkan lulusan yang mempunyai keterampilan di bidang profesi hukum tertentu dan kemampuan akademis yang memungkinkan lulusannya bekerja dalam profesi-profesi hukum yang memerlukan ilmu kenotariatan seperti Notaris, PPAT, Pejabat lelang, In House Lawyer pada berbagi perusahaan dan Perbankan, serta dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan S3 (Doktor). Program studi ini secara spesifik diorientasikan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki: 

  1. Keterampilan menuangkan berbagai perjanjian/kontrak dalam suatu akta.
  2. Kemampuan mengembangkan Ilmu Kenotariatan.
  3. Kemampuan menggunakan pendekatan Ilmu Hukum secara komprehensif  dalam memecahkan masalah-masalah Hukum Kenotariatan.

Penyelenggaraan Program

Program MKn Fakultas Hukum Univbersitas Andalas diselenggarakan dengan beban studi 50 sks yang diprogram untuk dapat diselesaikan dalam waktu 4 semester. Kurikulumnya disusun berdasarkan kompetensi pendidikan di bidang kenotariatan, kebutuhan stakeholders serta memiliki kemampuan akademis. Pengajar terdiri atas  unsur akademisi dan praktisi yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Minggu, 24 Februari 2019 21:00

Magister Ilmu Hukum

By

Latar Belakang

Pendidikan Ilmu Hukum harus mampu menjawab tantangan dan dinamika dalam masyarakat, bangsa, negara, dan perkembangan global. Universitas Andalas, sejak tahun 1999 telah mendirikan Program Magister Ilmu Hukum yang berdedikasi untuk melahirkan sarjana dan ahli hukum yang berkompetensi, berkarakter, dan bertaqwa. Hal ini sesuai dengan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 435/DIKTI/Kep/1999 tentang Pembentukan Program Magister Ilmu Hukum di Universitas Andalas.

Program Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Andalas sebagai penyelenggara pendidikan Program Magister Ilmu Hukum mampu merumuskan pendekatan, penyelesaian berbagai masalah hukum dan hak-hak asasi manusia dalam masyarakat dengan cara penalaran ilmiah. Berdasarkan laar belakang diatas, diharapakan para pakar atau ahli-ahli hukum dapat dan mampu mendayagunakan pemikiran-pemikiran dan konsep-konsep hukum yang baik bagi pembangunan berkelanjutan dan peningkatan dalam supremasi hukum ditengah masyarakat.

Saat ini program studi Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Andalas berstatus terakreditasi dengan peringkat akreditasi B, berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Nomor : 146/SK/BAN-PT/Akred-/M/V/2014.

Sistem Pendidikan

Pendidikan Diselenggarakan dengan pola perkuliahan menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS). Beban studi untuk Program Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Andalas adalah 38-50 SKS termasuk Tesis. Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Andalas direncanakan dalam 4 semester (2 tahun), dan juga dapat ditempuh kurang dari 2 tahun. Dalam Menempuh kegiatan perkuliahan dan kegiatan akademik lainnya dilaksanakan dengan sistem pembimbingan dengan dosen, yang berkualifikasi Guru Besar dan Doktor.

 

 

1. Perkembangan Jumlah Mahasiswa Program Pascasarjana Tahun 2015-2018 Penerimaan mahasiswa baru Program Pascasarjana Universitas Andalas pada tahun 2015 = 102 orang , tahun 2016 = 65 orang , tahun 2017 = 65 orang dan tahun 2018 = 48 orang. Tabel perkembangan jumlah mahasiswa baru Program Pascasarjana Unand dari 2015-2018 sebagai berikut :     2. Grafik Perkembangan Jumlah Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Unand Tahun 2015-2018   3. Persentase jumlah mahasiswa Program Pascasarjana per daerah asal Tahun 2015-2018   4. Gender mahasiswa per angkatan   
AEE dibuat dalam bentuk persentase (%) dengan membandingkan jumlah lulusan dengan jumlah mahasiswa keseluruhan (student body/SB) dalam satu tahun. Apabila dalam satu tahun penerimaan mahasiswa (input) = X, dan output (Y), sedangkan jumlah keseluruhan mahasiswa (student body/SB) = Z orang. Maka AEE dapat diperoleh menggunakan persamaan berikut :  AEE = y/z * 100 %. Menurut Idealnya Z sama dengan 4 x X, atau dengan kata lain AEE yang baik untuk masa studi 8 semester adalah 25 %. Akan tetapi bila tolerasi studi masa studi ditetapkan 1 ½ N, dengan N = masa studi normal (8 semester) toleransi masa studi (1…
Senin, 20 Februari 2017 09:35

Jurnal Wisudawan/ti

By

 

Bagi mahasiswa yang ingin mengurus bebas pustaka Program Pascasarjana Universitas Andalas, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu :

  1. Foto ukuran 2x3 = 1 lembar (warna)
  2. Menyerahkan Buku dengan jumlah halaman 200 lembar keatas dengan terbitan 3 tahun belakangan dengan judul buku sesuai Program studi mahasiswa tersebut

Syarat menyerahkan tesis/ disertasi pada pustaka Program Pascasarjana Universitas Andalas :

  1. Isi Tesis/ Disertasi  dan Artikel dibuat dalam softcopy (CD)
  2. Khusus artikel tesis/disertasi, di print 1 rangkap (hardcopy) dan dijilid biasa