""
Fakultas Hukum Universitas Andalas - Items filtered by date: Juni 2022
16 Juni 2022 In Berita & Peristiwa

Fakultas Hukum Universitas Andalas bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peradi Padang kembali menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA). PKPA kali ini merupakan PKPA ke-13 yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Andalas bekerja sama dengan DPC Peradi Padang. Penyelenggaraan PKPA Angkatan ke-XIII akan dilaksanakan secara langsung (luring) di Aula Pascasarjana Fakulas Hukum Universias Andalas pada 25 Juni – 24 Juli 2022.

PKPA merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti bagi setiap orang yang berlatar belakang Sarjana Hukum (S.H) untuk menjadi seorang advokat. Sesuai dengan ketentuan Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 ayat (1) Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat, yang dapat diangkat menjadi seorang advokat adalah seseorang yang memiliki ijazah sarjana dengan latar belakang pendidikan tinggi hukum, telah mengikuti PKPA yang diselenggarakan oleh organisasi profesi bekerja sama dengan perguruan tinggi minimal terakreditasi B (Putusan MK No. 95/PUU-XIV/2016), telah lulus ujian profesi advokat dan memiliki pengalaman magang sekurang-kurangnya 2 tahun secara terus menerus di kantor advokat.

Pengajar pada PKPA yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Andalas bekerja sama dengan DPC Peradi Padang terdiri dari akademisi dan praktisi hukum yang berpengalaman dan professional dibidangnya. Pada penyelenggaraan PKPA angkatan ke-XII Tahun 2021, beberapa pengajar tamu diantaranya adalah Prof. Saldi Isra, SH, MPA (Hakim Konstitusi RI), Dr. Suhartoyo, SH, MH (Hakim Konstitusi RI), Dr. I Dewa Gede Palguna, SH,M.Hum (Mantan Hakim Konstitusi RI), Prof. Dr. Fauzie Yusuf Hasibuan (Mantan Ketua DPN Peradi), Prof. Dr. Otto Hasibuan (Ketua DPN Peradi) dan berbagia praktisi serta akademisi hukum lainnya.

Ketentuan pelaksanaan PKPA Angkatan ke-XIII kerja sama Fakultas Hukum Universitas Andalas dengan DPC Peradi Padang adalah sebagai berikut :

A. WAKTU PELAKSANAAN
Pendaftaran: 30 Mei – 18 Juni 2022
Pendidikan PKPA: 25 Juni – 24 Juli 2022

B. PERSYARATAN PESERTA
Sarjana Hukum (S1) atau sejenis (berlatar belakang pendidikan ilmu hukum) dibuktikan dengan Fotocopy Ijazah legalisir (apabila ijazah masih diproses dapat digantikan sementara dengan Surat Keterangan Lulus. Peserta wajib melengkapai ijazah ketika kelas PKPA dimulai), Fotocopy KTP, Foto 3x4 (1 lembar), dan Foto 4x6 (1 lembar).
Membayar biaya pendaftaran Rp 300.000
Membayar biaya pendidikan Rp 5.000.000
Mengisi formulir pendaftaran ke Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Andalas.

C. TAHAPAN PENDAFTARAN
Calon peserta menghubungi salah satu narahubung untuk mengkonfirmasi ketersediaan kuota peserta
Narahubung PKPA angkatan ke XIII tahun 2022
Indah  : 082288536632
Shally : 087804164966
Fajri    : 083185244375
Calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000 dan biaya pendidikan sebesar Rp 5.000.000.
Calon peserta mengisi formulir pendaftaran ke Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Andalas.
Selanjutnya calon peserta akan digabungkan ke dalam WhatsApp Group Peserta PKPA Online angkatan ke XIII tahun 2022.

D. KETENTUAN PEMBAYARAN

  1. Calon peserta membayar biaya pendidikan dan biaya pendaftaran dengan total Rp 5.300.000/orang. Pembayaran paling lambat diterima panitia 16 Juli 2022.
  2. Pembayaran dilakukan melalui Rek. Bank Nagari, 2102.0210.12929-2 a/n PKPA FAK HUKUM UNAND
  3. Calon peserta wajib mengirimkan bukti transfer/pembayaran kepada panitia

E. KETENTUAN PELAKSANAAN PKPA
PKPA dilaksanakan mulai dari 25 Juni – 24 Juli 2022 dengan total 34 sesi materi PKPA. Seluruh pertemuan dilaksanakan secara luring di Aula Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Andalas. Apabila setelah PKPA dimulai terdapat peserta yang mengundurkan diri maka biaya PKPA yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan.

Untuk mendapatkan sertifikat kelulusan PKPA, peserta diwajibkan untuk mengikuti minimal 80% kehadiran dari seluruh sesi materi PKPA Peserta mendapatkan link softcopy materi PKPA yang akan dikirimkan melalui WhatsApp Group dan Google Drive.

Segala informasi tambahan berkenaan dengan Tata Tertib, Jadwal Pengajar, dan Pelaksanaan Teknis pertemuan kelas PKPA akan diinformasikan lebih lanjut kepada peserta yang sudah resmi terdaftar sebelum kelas PKPA dimulai

F. KURIKULUM
• Fungsi dan Peran Organisasi Advokat
• Sistem Peradilan Indonesia
• Kode Etik Profesi Advokat
• Hukum Acara PidanaHukum Acara Perdata
• Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara
• Hukum Acara Peradilan Agama
• Hukum Acara Mahkamah Konstitusi
• Hukum Acara Peradilan Hubungan Industrial
• Hukum Acara Persaingan Usaha
• Hukum Acara Albitrase dan Alternatiif Dispute Resolution
• Hukum Acara Pengadilan HAM
• Hukum Acara Pengadilan Niaga
• Perancangan dan Analisa Kontrak
• Legal Opinion dan Legal Due Diligence
• Organisasi Perusahaan (termasuk Merger dan Acquisition)
• Teknik Wawancara dengan Klien
• Penelusuran dan Dokumentasi Hukum
• Argumentasi Hukum (Legal Reasoning)

Selain materi pokok di atas juga terdapat materi tambahan yang diberikan khusus bagi peserta PKPA Angkatan ke-XIII yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Andalas dengan DPC Peradi Padang.Bagi Bapak/Ibu yang berminat untuk mengikuti PKPA Angkatan ke-XIII kerja sama Fakultas Hukum Universitas Andalas dengan DPC Peradi Padang dapat menghubungi narahubung sebagai berikut :
Indah     : 082288536632
Shally    : 087804164966
Fajri       : 083185244375