Fakultas Hukum Universitas Andalas - Items filtered by date: Desember 2023
19 Desember 2023 In Berita & Peristiwa

Fakultas Hukum - Permasalahan yang sering timbul di kalangan akademisi adalah pemahaman tentang bagaimana melakukan rekonstruksi kurikulum pendidikan tinggi yang masih sangat beragam, baik antara Program Studi sejenis, maupun antar Perguruan Tinggi, sehingga dipandang perlu untuk dilakukannya kegiatan ini "PENYUSUNAN DOKUMEN KURIKULUM DAN PEMBENTUKAN TIM PENYUSUN KURIKULUM PRODI S1".

Kegiatan ini bertujuan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi agar dapat digunakan
sebagai pedoman dalam menjalankan Visi dan Misi Program Studi.Untuk memenuhi tujuan
pergeseran tujuan pendidikan nasional yang tidak lagi hanya untuk mencerdaskan Bangsa,dan
memerdekakan manusia, namun bergeser kepada pelaksanaan pendidikan sebagai sebuah komoditas, karena lebih menekankan pada penguasaan Ilmu Pengetahuan.Program Studi mampu menghasilkan lulusan, serta menjamin agar lulusannya memilikikualifikasi yang setara dengan kualifikasi yang disepakati dalam KKNI,Mampu menghasilkan sebuah kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman, yang serba berilmu pengetahuan dan teknologi informasi.

18 Desember 2023 In Berita & Peristiwa

Fakultas Hukum - Pimpinan dan segenap civitas akademkika Fakultas Hukum Universitas Andalas mengucapkan selamat kepada Salah satu Dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas Surya Oktaviandra, SH. LLM menerima penghargaan Peringkat I Kategori Dosen Terproduktif Publikasi Buku, Pada Kriteria Dosen dengan jumlah terbanyak poin buku ber-ISBN terdaftar di PERPUSNAS tahun 2022, dimana poin tertinggi yang telah di dapat sebanyak 27 poin.

Dengan prestasi yang telah di raih saat ini berhaap kedepannya mampu mempertahankan dan berusaha memperoleh penghargaan yang lebih tinggi, tentu hal ini harus dibarengi dengan kerja keras dan ketekunan.

17 Desember 2023 In Berita & Peristiwa

Fakultas Hukum - Tanah ulayata adalah hak milik bersama atau komunal suatu masyarakat adat yang diakui oleh hukum adat dan hukum nasional indonesia yang sesuai dengan pasal 3 Unadang Undang pokok agraria.

Namun dalam pelaksanaan nya keberadaan tanah ulayat masih mengahdapi berbagai permasalahan permasalahan hukum yang mengancam hak masyarakat atas tanah tersebut dan jarang menimbulkan berbagai konflik.

Oleh karena itu dangat penting untuk meninjau berbagai problematika tersebut khususnya yang terjadi di sumatera barat saat ini, Puast Studi Hukum Adat Minangkabau Fakultas Hukum Universitas Andalas Mengagas seminar " Problematika Hak Atas Tanah Ulayat Pusako di Minangkabau Terkini" yang Dinarasumber oleh Prof. Dr. Hj. Yulia Mirwati, SH.MH ,Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Andalas. dan Bapak Atos dari Pemerintah Kota Padang Sumatera Barat.

Yang akan membahas secara mendalam persoalan tanah ulayat dari berbagai kacamata mulai dari akademisi, alim ulama, cadiak pandai, hingga pemerintah daerah. seminar ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman serta menjadi wadah berbagai pengalaman yang berkaitam dalam pengelolaan tanah ulayat di Sumatera Barat.

13 Desember 2023 In Berita & Peristiwa

Fakultas Hukum - Perlunya Revisi Kurikulum dan Kode Mata Kuliah dalam memberikan kelancaran kegiatan proses belajar mengajar sehari-hari, termasuk dalam kerangka mengikuti akreditasi FIBAA, dan ISK Kemendikbud Dikti.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 7 Desember 2023 bertempat di Hotel Santika Padang, dengan menghadirkan narasumber Bapak Jonrinaldi, ST., MT,. Ph.D.

Peserta kegiatan ini di pimpin langsung oleh Dekan Fakultas Hukum Dr.Ferdi, SH., MH, Wakil Dekan,  Manager, Ketua dan Sekretaris Program Studi (S1), Ketua dan Sekretaris Departemen, Ketua Beserta Jajaran Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Fakultas Hukum, Ketua Gugus Kendali Mutu Beserta Jajaran (GKM) Fakultas Hukum dan Bapak/Ibu Tenaga Kependidikan.