Fakultas Hukum Universitas Andalas - Items filtered by date: Juni 2024
28 Juni 2024 In Berita & Peristiwa

Fakultas Hukum - Mahasiswa tergabung dalam kelas Hukum Pidana dan Kriminologi mengadakan kunjungan lapangan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kuliah lapangan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung dan pemahaman yang lebih mendalam mengenai sistem pemasyarakatan dan kehidupan narapidana di Indonesia.

Rombongan mahasiswa yang didampingi oleh beberapa dosen pembimbing,dalam kunjungan ini mahasiswa dapat melihat dan merasakan langsung aplikasi dari teori yang mereka pelajari di kelas. Ini akan memperkaya pemahaman mereka dan mempersiapkan mereka untuk menjadi praktisi hukum yang lebih baik.

Kunjungan ke Lapas Kelas IIA Padang ini diharapkan dapat menjadi agenda rutin bagi Fakultas Hukum Universitas Andalas, sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pengalaman berharga bagi para mahasiswa.

25 Juni 2024 In Berita & Peristiwa

Fakultas Hukum - Sebanyak kurang lebih empat ratus mahasiswa ilmu hukum kota Padang mengikuti acara Mahkamah Agung (MA) Goes to Campus pada Jum’at pagi, 21 Juni 2024 di Gedung Serbaguna Fakultas Hukum Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat. Ratusan mahasiswa tersebut berasal dari enam universitas, yaitu Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol, Universitas Bung Hatta, Universitas Taman Siswa, dan Universitas Ekasakti.

pada kegiatan MA GOES TO CAMPUS di tuanrumahi oleh Fakultas Hukum Universitas Andalas, Dalam sambutannya dekan FHUA Dr. Ferdi, SH,.MH, MA Goes To Campus bagian yang sangat penting untuk mahasiswa, kita butuh Mahkamah Agung untuk belajar. MA Goes To Campus sesuatu yang perlu dilanjutkan.

MA Goes to Campus kali ini mengambil tema Profesi Hakim di kalangan Gen Z. Kegiatan ini merupakan media yang digunakan oleh Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung untuk memperkenalkan Mahkamah Agung, tugas fungsinya, serta profesi hakim yang bisa digeluti oleh para mahasiswa jurusan hukum. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menarik minat para mahasiswa Generasi Z untuk menjadi hakim dan aparatur peradilan lainnya.Pengetahuan mengenai hal tersebut disampaikan oleh para narasumber andal

20 Juni 2024 In Berita & Peristiwa

Fakultas Hukum - Acara Penyerahan Ijazah Wisuda III Tahun 2024 yang dihelat pada tanggal 15 Juni 2024 di Gedung Serbaguna Fakultas Hukum Universitas Andalas Limau Manis, Menjadi momen bersejarah bagi lulusan FHUA yang telah melewati berbagai tantangan dan perjuangan dalam menyelesaikan studi tingkat sarjana atau pascasarjana.

Dalam Sambutannya Ketua Senat Prof. Elwi Danil, mengungkapkan rasa bangga semakin hari memperlihatkan prestasi prestasi di akademik sehinga Fakultsa Hukum Universitas Andalas diperhitungkan sebagai Fakultas Hukum terkemuka di tanah air. Ketua Senat Akademik Fakultas Hukum mengapresiasi dekan dan semua jajaranya karena jerihpayah dekan dan jajaranya sehinga Fakultas Hukum sampai pada titik seperti ini, masih banyak yang perlu kita lakukan karena dinamika selalu berubah. "Selamat atas diwisudanya mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Andalas"

Dalam Sambutan Dekan Dr. Ferdi mengatakan, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Andalas memiliki wisudawan MBKM yang magang di luar negri di kedutaan besar RI Singapur dan Kedutaan besar RI Vietnam. " Fakultas Hukum Universitas Andalas hari ini akan dinilai menjadi standar Internasional atau FIBAA" maka kita siap-siap menunggu kedatangan asesor dari jerman untuk memberikan Visitasi terhadap program studi hukum S1 maupun S2.

Acara wisuda ini tidak hanya menjadi momen berbahagia bagi lulusan, tetapi juga bagi seluruh keluarga, dosen, dan pihak kampus yang telah ikut serta mendukung perjalanan akademik mereka. Pihak FHUA berterima kasih atas dedikasi dan kerjasama semua pihak yang turut serta dalam mencetak generasi penerus yang berkualitas.

Selamat kepada para wisudawan dan wisudawati FHUA. Semoga kesuksesan ini menjadi awal dari pencapaian yang lebih besar dan inspiratif di masa depan. Tetaplah berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang.

14 Juni 2024 In Berita & Peristiwa

Fakultas Hukum - Pembekalan Wisudawan pada Jumat, 14 Juni 2024. Acara yang berlangsung dari pukul 13.30 hingga 15.00 WIB ini diselenggarakan di Gedung Serbaguna FHUA.

Acara tersebut menghadirkan narasumber terkemuka, Prof. Dr. Saldi Isra, SH, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia sekaligus Guru Besar Hukum Tata Negara (HTN) di Fakultas Hukum Universitas Andalas. Kehadiran beliau memberikan kesempatan emas bagi para wisudawan untuk mendapatkan wawasan dan inspirasi langsung.

Dalam pembekalan ini, Prof. Dr. Saldi Isra menyampaikan berbagai hal penting terkait dunia hukum di Indonesia, termasuk tantangan dan peluang yang dihadapi oleh para lulusan hukum di era globalisasi dan digitalisasi saat ini. Beliau juga berbagi pengalaman dan pandangannya mengenai pentingnya integritas dan profesionalisme dalam menjalankan profesi hukum.

Acara pembekalan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana para wisudawan diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada Prof. Dr. Saldi Isra. Sesi ini berlangsung interaktif dan penuh antusiasme, menunjukkan semangat dan rasa ingin tahu yang tinggi dari para calon lulusan hukum tersebut.