26 Desember 2015

1.      Peserta Ujian memakai pakaian putih-putih dan sepatu.

2.      Peserta Ujian tidak dibenarkan berambut panjang, memakai gelang, kalung (bagi Mahasiswa laki-laki)

         dan aksesoris yang berlebihan bagi Mahasiswa Wanita.

3.      Peserta Ujian hadir 10 menit sebelum ujian dimulai. Peserta yang terlambat lebih dari 30 menit tidak

         dibenarkan untuk mengikuti ujian dan namanya dicatat dalam berita acara peserta ujian, dan tidak

         dibenarkan mengikuti ujian susulan.

4.      Peserta Ujian harus membawa kartu ujian yang telah diberi photo berwarna dan di stempel fakultas.

         Peserta yang tidak membawa kartu ujian tidak diperkenankan mengikuti ujian, nama peserta ujian

         dicatat dalam berita acara ujian dan tidak berhak untuk ujian susulan.

5.      Selama Ujian berlangsung Peserta Ujian tidak dibenarkan memakai alat komunikasi seperti HP,

         Gadget, Tablet dan alat komunikasi lainnya.

6.      Bila ujian bersifat terbuka, peserta ujian dilarang saling meminjam buku, Undang-Undang, atau kamus.

7.      Peserta Ujian yang tertangkap mencontek, membuka jimat atau alat komunikasi lainnya,

         dikeluarkan dari ruang ujian dan nama yang bersangkutan dicatat dalam berita acara ujian dan

         tidak berhak untuk ujian susulan.

8.      Pelanggaran terhadap tata tertib menghilangkan hak untuk mengikuti ujian susulan.

                                                                                                                               Padang,  25 November 2015

                                                                                                                               A.n Dekan

                                                                                                                               Plt. Wakil Dekan I

                TTD

       Dr. Shinta Agustina, SH., MH

       NIP : 196308291988112001

01 Desember 2015

Sabtu 28 November 2015, Fakultas Hukum  Universitas Andalas  menggelar acara wisuda IV tahun 2015 di  Convention Hall Universitas Andalas, kampus Limau Manis. Jumlah total wisudawan adalah 119 wisudawan terdiri dari S1 Reguler 44 orang, S1 Mandiri 31 orang,  Magister Hukum 35 orang dan Magister Kenotariatan 25 orang. Acara Wisuda IV Fakultas Hukum dimulai Pembacaan Ayat Suci Al-Quran dan Saritilawah  oleh Saudara M. Yusri  (Mahasiswa Fakultas Hukum Unand).

Dilanjutkan dengan pembacaan nama-nama Wisudawan Fakultas Hukum oleh Ketua Bagian Program Sarjana, Ketua Program Magister Ilmu Hukum, Ketua Program Magister Kenotariatan. Pemindahan jambul oleh Dekan, penyerahan ijazah oleh Wakil Dekan I, serta penyerahan buku wisuda oleh Wakil Dekan II danucapan selamat dari Wakil Dekan III.

Selanjutnya dilakukan penyerahan piagam wisudawan terbaik Wisuda IV Tahun 2015 Fakultas Hukum Universitas Andalas oleh Dekan, kepada para wisudawan terbaik.Untuk program Sarjana kepada Bettriani Permata Sari dari Bagian Hukum Perdata dengan predikat Lulus Sangat memuaskan, Indek Prestasi Kumulatif 3.78.Wisudawan Terbaik Program Magister Ilmu Hukum adalah Chadijah Irani, SH,  predikat Lulus Sangat Memuaskan, Indeks Prestasi Kumulatif 3.90. Wisudawan Terbaik Program Magister Kenotariatan adalah Sherly Saputri, SH  Predikat Lulus Sangat Memuaskan, Indeks Prestasi Kumulatif 3,67

Acara dilanjutkan dengan sambutan Dekan, Dr. Zainul Daulay, SH.,MH yang menyampaikan bahwa acara wisuda merupakan hari yang bersejarah dan salah satu momen penting dalam kehidupan akademik diFakultas Hukum Unand. Segenap pengelola Fakultas Hukum Unand, dan seluruh civitas akademika Fakultas Hukum Unand, dengan penuh bangga mempersembahkan sejumlah lulusan Fakultas Hukum Unand kepada keluarga dan masyarakat. Lulusan ini merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab Fakultas Hukum Unand kepada Bangsa dan Negara, dan sekaligus merupakan wujud karya kolektif dari semua komponen institusi yang kami cintai ini.

Selain itu secara khusus Dekan Fakultas Hukum Universitas Andalas mengucapkan selamat kepada wisudawan terbaik pada Wisuda saat ini, semoga prestasi tersebut akan memberi makna tersendiri bagi pengembangan karir wisudawan dalam dunia kerja nantinya.

Acara ditutup dengan pembacaan doa bersama yang dipandu oleh bapak Drs. Rusdja Rustam, M.Ag. Dan Foto Bersama Wisudawan/Ti S1 & S2 dengan Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Hukum Unand.

10 Desember 2015

Padang,  3 Desember 2015 – Fakultas Hukum Universitas Andalas Menggelar Rapat Kerja Tahunan 2015 di Ruang Rapat Gedung Auditorium, Kampus Limau Manis Padang. Hadir dalam acara tersebut  Rektor Unand yang baru Prof.Dr. Tafdil Husni, SE.,MBA., Dekan Fakultas Hukum Dr. Zainul Daulay, SH.,MH.,Wakil Dekan I,II,III, Ketua dan Sekretaris Bagian, Ketua BAPEM & GKM, Ketua LKBH, Ketua Prodi dan Sekretaris Program Magister Ilmu Hukum, Magister Kenotariatan, Program Doktor Ilmu Hukum  dan Tenaga Kependidikan Fakultas Hukum Unand.

Acara berlangsung selama satu hari dari pukul 07.30 sampai 16.00 WIB, dimulai dengan laporan Ketua Pelaksana Kegiatan Rapat Kerja Fak. Hukum Dr. Busyra Azheri, SH.,MH. (WD II Fak. Hukum Unand) dan dilanjutkan dengan sambutan Dekan Fakultas Hukum (Dr. Zainul Daulay, SH.,MH.). Rapat Kerja dibuka dengan Sambutan Rektor Unand yang baru Prof.Dr. Tafdil Husni, SE.,MBA. Dalam sambutannya Rektor Unand memberikan arahan perlunya peningkatan kemampuan SDM (Sumber daya manusia) di lingkungan Unand.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan rencana program kerja bidang Akademik, Umum dan Keuangan, serta Kemahasiswaan yg disampaikan oleh WD I,II & III Fakultas Hukum Unand. Rapat kerja merumuskan langkah-langkah efektif untuk melaksanakan program kerja Fakultas Hukum 2016. Program kerja tersebut kemudian ditanggapi oleh peserta Raker untuk perbaikan & peningkatan pelaksanaannya.

Setelah sholat Dzuhur dan makan siang, Raker dilanjutkan dengan pemaparan program kerja Bapem & GKM, LKBH, Program Magister Ilmu Hukum, Program Magister Kenotariatan dan Program Doktor Ilmu Hukum. Rapat kerja ditutup dengan sambutan secara resmi oleh Dr. Zainul Daulay, SH.,MH. (Dekan Fakultas Hukum). Dalam penutupan Dr. Zainul Daulay, SH.,MH. Memaparkan salah satu tujuan dari raker ini ialah untuk membangun sinergi yang baik, sehingga program kerja yang dibuat oleh Fakultas dapat tercapai dan terealisasikan dengan maksimal.

*Admin Multimedia Fhuk Unand*

16 Desember 2015

Senin, 14 Desember 2015, bertempat di Dekanat Fakultas Hukum Universitas Andalas ,  mengadakan kegiatan Kuliah Umum dengan menghadirkan Rektor Islamic University of Europe . Beliau ialah Prof. Dr. Sofjan Soury Siregar, orang asli Indonesia yang memimpin sebuah Universitas Islam di Eropa. Kuliah Umum ini mengangkat tema tentang Perkembangan Hukum Islam Kontemporer dan Prakteknya  di Eropa. 

Acara ini dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum Dr. Zainul Daulay. SH.,MH. (Dekan Fak. Hukum Unand) ,yang pada sambutannya mengatakan tentang pentingnya kegiatan ini. Disamping mampu meningkatkan wawasan mahasiswa, tentang Hukum Islam. Kegiatan ini juga bertujuan membuka mata mahasiswa tentang seberapa besar Hukum Islam telah berkembang di dunia Eropa.

Berlaku sebagai moderator ialah Dr. Shinta Agustina, SH.,MH. (Wakil Dekan I Fak. Hukum Unand) dalam kesempatan ini Prof. Dr. Sofjan Soury Siregar menyampaikan pemaparannya dalam waktu kurang lebih 60 menit. Beliau banyak bercerita tentang pengalaman beliau terkait perkembangan Islam yang ada di Eropa. Beliau mengatakan bahwa walaupun jumlah umat muslim di Eropa sedikit, tetapi aplikasi hukum Islam di kehidupan sehari-hari sangat terasa di Eropa. Sebagian besar masyarakat di sana justru mampu menerapkan hukum Islam dengan baik, semisal saling menghormati orang lain, sopan, dan sebagainya. Bukan berarti mereka banyak yang beragama Islam, tetapi mereka yang orang non-muslim saja mampu berperilaku baik, apalagi kita. Sementara itu Hayyan Ul Haq menyampaikan materi tentang Epistemologi bagi Ekonomi Halal. Poin penting dari materi ini adalah bukan persoalan ekonomi halal, bukan hanya terkait dengan ajaran agama, tapi merupakan hak konstitusional. Merupakan kewajiban negara untuk menjamin warga negaranya dapat hidup sesuai dengan ajaran agama.

Seusai penyampaian materi oleh Prof. Dr. Sofjan Soury Siregar, moderator membuka sesi tanya jawab dengan mempersilakan Dosen dan  mahasiswa yang hadir untuk mengajukan pertanyaan ataupun tanggapan kepada pembicara. Antusias para mahasiswa terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Prof. Dr. Sofjan Soury Siregar menjawab dengan cerdas sehingga Dosen dan mahasiswa yg bertanya merasa mengerti dan puas dengan penjelasannya.

Acara ditutup  dengan pemberian cendramata dari Dekan Fakultas Hukum Unand kepada Prof.Dr. Sofjan Soury dan Hayyan Ul Haq, SH., PH.D.

*Admin Multimedia Fhuk Unand*